Obat Syaraf Kejepit

Ahlinya Penyakit Syaraf

Ciri Ciri Syaraf Kejepit

Ciri Ciri Syaraf Kejepit

Ciri Ciri Syaraf Kejepit

Ciri Ciri Syaraf Kejepit

HNP atau singkatan dari Herniasi Nukleus Pulposus merupakan istilah medis yang menggambarkan keadaan syaraf yang terjepit. Sebelum melakukan pembahasan lebih dalam mengenai penyakit HNP, ada baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu mengenai struktur tulang belakang, yang menjadi tempat terjadinya syaraf yang terjepit.

Tulang belakang manusia tersusun dari 33 vertebra dan memiliki fungsi sebagai penopang utama tubuh kita. Hal ini memungkinkan tubuh agar bisa berdiri, membengkok dan memutar, serta berfungsi sebagai pelindung sumsum tulang belakang dari sebuah cedera. Sumsum tulang belakang sendiri merupakan sebuah syaraf tipis yang memanjang dari otak dan bekerja untuk menerima transmisi atau rangsangan dari otak keseluruh tubuh. Tulang belakang yang kuat dan sehat, dapat membuat kita lebih leluasa untuk bergerak kesegala arah. Namun suatu kondisi dapat menghancurkan semua kesehatan yang kita miliki.

Tulang vetebra yang berjumlah 33 ini diketahui memiliki bantalan tulang disetiap ruasnya. Bantalan ini memiliki fungsi yang memungkinkan tubuh untuk bergerak bebas dan tidak kaku. Ia berisi cairan dan memiliki bentuk yang menyerupai donat, serta memiliki karakteristik yang lunak. Ia dapat membengkak dan tergelincir kapan saja, sehingga menghimpit sejumlah syaraf penting yang ada didalam tubuh.

Seseorang yang mengalami kondisi syaraf kejepit dapat mudah dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Dapat mengalami pengecilan betis dan kaki
  • Ketidakseimbangan tubuh ketika berjalan
  • Tidak kuat berjalan atau berdiri dalam waktu yang cukup lama
  • Selalu merasakan kebas dan kesemutan

Dalam banyak kasus, kondisi ini dapat dipicu oleh isi dari bantalan tulang yang mengalami penuaan, pecah ataupun robek. Para ahli juga pernah mengatakan bahwa hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya olahraga secara teratur, makan tidak seimbang, pertambahan berat badan dan penggunaan tembakau yang dapat membuat sejumlah syaraf yang berada disumsum tulang belakang menjadi terganggu. Ketika hal ini terjadi, mungkin penderitanya akan memiliki berbagai macam gejala penyakit tambahan, seperti nyeri pinggang yang menjalar kebagian pantat dan kaki. Rasa nyeri yang semakin menjadi-jadi ketika batuk, tertawa dan mengejan, serta kelemahan-kelemahan dibagian tubuh yang lainnya. Oleh sebab itu, penderitanya harus selalu berhati-hati untuk tidak terlalu banyak melakukan aktivitas seperti mengangkat atau menempatkan tekanan berlebih pada tulang bagian belakang.

Pengobatan untuk pasien yang menderita penyakit HNP atau syaraf kejepit ini dapat ditentukan sesuai derajat keparahan penyakit. Dokter mungkin akan meresepkan anda beberapa obat-obatan seperti anti-inflammasi yang dapat mengurangi nyeri dan pembengkakan, melakukan terapi, injeksi kortikosteroid, dll. Namun jika pengobatan dengan cara tersebut tidak menunjukan perubahan dan hasil yang signifikan, mungkin operasi merupakan jalan satu-satunya yang dapat anda tempuh. Anda bisa mengunjungi dokter spesialis syaraf atau ahli ortopedi dikota tempat anda tinggal.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai Ciri ciri syaraf kejepit. Jangan lupa bagikan artikel ini pada kawan anda di Facebook, Twitter atau Google+

Updated: Februari 9, 2017 — 2:19 pm
Obat Syaraf Kejepit © 2017 Frontier Theme